You are here

10 Cara Membantu Seseorang dengan Gangguan Bipolar

This article is available in English at http://ibpf.org/article/10-ways-help-someone-who-has-bipolar-disorder 

Gangguan bipolar dan gangguan mental lainnya terkadang kurang dianggap penting. Ketika seseorang didiagnosa dengan gangguan fisik seperti kanker, orang-orang akan cepat menunjukkan dukungan dan memberi bantuan. Hal ini biasanya tidak terjadi ketika seseorang didiagnosa dengan gangguan mental. 

Mungkin salah satu penyebabnya adalah ketidaktahuan orang-orang tentang bagaimana mereka bisa membantu. Sebenarnya tidak begitu berbeda dengan bantuan untuk orang dengan gangguan fisik: hadir untuk mereka, mendengarkan keluh kesah, dan menawarkan bantuan ketika mereka butuh.  

Kami bertanya pada para voluntir kami yang hidup dengan gangguan bipolar tentang apa yang menurut mereka dapat membantu. Ini kata mereka. 

1. Dengarkan tanpa memberikan pendapat ataupun berusaha memperbaiki masalah 

Terkadang sulit untuk mendengarkan tanpa menawarkan nasehat, tapi ada kalanya mendengarkan lebih penting daripada memperbaiki masalah. Apabila hal ini sulit dipahami, silakan baca artikel ini (tersedia dalam bahasa Inggris). 

2. Katakan bahwa Anda siap kapanpun mereka butuh bicara 

Mereka merasa tenang ketika tahu bahwa Anda ada untuk mereka meskipun mereka sedang tidak ingin bicara. 

3. Tanyakan apa yang butuh dibantu 

Kadang sesuatu yang terlihat sederhana dapat mengintimidasi dan membuat mereka kewalahan. Tawarkan bantuan sederhana seperti mencuci piring atau memasak untuk meringankan beban mereka. Mungkin mereka juga butuh orang untuk menjemput anak mereka dari sekolah. Tanyakan apa yang bisa Anda bantu.

4. Ajak mereka minum kopi, dorong mereka melakukan aktivitas bersama di luar rumah

Terkadang orang dengan gangguan bipolar, khususnya dalam fase depresi, mengurung diri mereka sendiri. Temukan hal yang mereka nikmati dan bisa dilakukan bersama-sama, seperti makan di luar, menonton film di bioskop, atau jalan-jalan santai.

5. Terus ajak mereka untuk beraktivitas bersama

Terus ajak mereka meski mereka menolak. Berbagai alasan seperti kecemasan atau fobia sosial mungkin akan menghalangi mereka untuk mau ikut, tapi mereka akan merasa berterima kasih karena telah diajak.

6. Pahami bahwa mereka butuh jarak atau waktu sendiri

Kadang orang butuh waktu untuk sendiri. Ini tidak berarti mereka marah pada Anda. Coba untuk tidak memasukkannya ke hati dan hargai kebutuhan mereka untuk sendiri.

7. Tawarkan untuk menemani mereka pergi ke kegiatan komunitas peduli bipolar

Mereka mungkin gugup untuk pergi sendiri, apalagi jika belum pernah bergabung dengan komunitas. Biasanya lebih mudah untuk mengikuti kegiatan komunitas bila bersama dengan teman yang dipercaya. Meskipun ternyata mereka tidak ingin pergi bersama Anda,biasanya mereka akan menghargai Anda karena sudah menawarkan untuk menemani. 

8. Yakinkan mereka bahwa mereka adalah anggota penuh dari masyarakat

Buat mereka tahu bahwa hidup mereka bermakna. Gangguan yang mereka alami tidak mendefinisikan diri mereka dan tidak seharusnya membatasi mereka.

9. Dukung pengobatan mereka

Dukung meski bukan pengobatan yang akan Anda pilih jika Anda di posisi mereka.

10. Perkaya pengetahuan tentang gangguan bipolar

Semakin banyak Anda belajar, semakin Anda bisa memahami bipolar dan berkomunikasi tentangnya. Anda telah memulai dengan baik lewat membaca artikel ini! Pelajari lebih lanjut melalui artikel dan blog kami, atau menonton serial webinar kami. Kami juga menyediakan buku gratis berjudul Healthy Living with Bipolar Disorder (Hidup Sehat dengan Gangguan Bipolar) yang tersedia di sini dalam bahasa Inggris.

 

Artikel ini ditulis oleh Advice and Support Community. Kelompok ini terdiri dari sekitar 50 voluntir yang memberikan saran berdasarkan pengalaman mereka hidup dengan bipolar atau mendampingi orang dengan bipolar.

International Bipolar Foundation tidak ditujukan untuk menjadi pengganti anjuran, diagnosa atau pengobatan dari ahli medis. Selalu konsultasi dengan dokter Anda atau ahli medis yang berkualifikasi tentang hal-hal yang terkait dengan kondisi medis Anda. Jangan abaikan anjuran dari ahli atau menunda-nunda konsultasi karena sesuatu yang Anda baca atau terima dari International Bipolar Foundation.